Sunday, March 1, 2009

Yakuza Moon

Yakuza Moon
Memoar Seorang Putri Gangster Jepang




Judul: Yakuza Moon
Memoar Seorang Putri Gangster Jepang
Pengarang : Shoko Tendo
Penerbit Terjemahan : Gagas Media
Penerjemah : A. S. Laksana
Tebal : 245 halaman + v halaman, 1,5 cm
Panjang : 20 cm
Lebar : 14 cm



Sebenernya uda lama sih aku selesai membaca buku ini, tapi karena padatnya segala aktivitasku jadinya baru sekarang ini sempet posting lagi. Lagi-lagi karena aku tertarik dengan tulisan kecil di sampul depan yang bertuliskan “Berdasarkan Kisah Nyata” yang berarti novel ini bercerita tentang seorang putri Yakuza, dimana dia mengalami sisi kelam kehidupannya, mulai dari narkoba, sampai pemerkosaan. Novel ini dimulai ketika tokoh aku masih kecil dan diceritakan bagaimana latar belakang keluarganya. Bahkan dimulai dari sekolah dasar, tokoh utama sudah mengalami pengucilan di sekolah. Dan mulai menginjak masa remaja, tokoh utama sudah menjadi yanki (semacam berandalan) yang mulai mengenal narkoba, dan dimulailah kehidupan yang kelamnya.



Kehebatan dari novel ini adalah kita diajak untuk menikmati setiap pengalaman tersebut dari sudut pandang pelakunya sendiri secara langsung yang membuat pembaca seakan-akan turut menyaksikan tokoh utama “aku” dalam kehidupannya sehari-hari. Jadi pembaca dibawa untuk mengenal lebih dekat lagi sosok seorang yakuza yang terkenal di Jepang khususnya dampaknya bagi keluarga mereka. Penulis dengan baiknya membuat banyak dialog dalam novel ini yang membuat pembaca tidak bosan untuk membacanya terus.

Karena banyaknya masalah yang dialami tokoh utama, otomatis di dalam novel ini begitu banyak konflik yang terjadi, dan semua konflik itu dibuat mengalir dalam novel ini dengan baik dan tertata rapi. Sehingga pembaca dapat ikut merasakan setiap konflik yang ada, dan pembaca secara tidak langsung juga diajak untuk mengimajinasikan setiap konflik yang ada sehingga pembaca bisa ikut merasakan apa yang tokoh utama rasakan secara langsung.

Menurut saya, novel ini cocok dibaca mulai dari usia remaja ke atas. Karena banyak adegan-adegan yang menurut saya tidak cocok untuk dibaca oleh anak di bawah umur. Jika anda ingin menikmati sebuah novel dengan tipe memoar yang menyentuh hati, saya rekomendasikan anda untuk membaca novel ini.

Sekian
MyEm0.Com

dashite

0 comments:

Post a Comment

Commentnya...

Template by:
Free Blog Templates