Wednesday, March 4, 2009

SIMAK UI

Inilah pengalamanku ketika mengikuti tes SIMAK UI kemarin dengan segala persiapan yang serba minim karena aku belum belajar 100% materi ddari kelas X. Hari itu Minggu tanggal 1 Maret aku memulai perjuanganku dalam tes UI. Aku mengikuti tes di Jogja, yang bertempat di SMKN 2. Karena tes dimulai jam 07.30 aku berangkat dari rumah jam 06.30 dan langsung menuju ke lokasi ujian yang ternyata sudah ramai. Begitu sampai di sana aku bener-bener seperti “anak ilang” karena datang sendiri ke sana dan tidak ada temannya, beruntung ketika aku sampai di depan gedung aku akhirnya menemukan satu temanku dan kami sama-sama mencari ruangan.



Begitu masuk, aku duduk di kursi (ya iya lah) yang sesuai dengan nomor pesertaku yang digit belakangnya 00003, entah kebetulan atau tidak digit belakang nomor pesertaku itu sama seperti digit belakang nomor pendaftaran ketika aku mendaftar di SMA Kolese de Britto tempat sekolahku saat ini.

Ketika mengisi identitas di LJK aku tidak bisa langsung mengisi. Kenapa? Karena tanganku basah dan tentu saja biasanya kalau LJK basah pasti tidak ke scan, jadi aku berhati-hati menghitamkannya dengan cara memberi alas tanganku dengan map plastik yang ak ubawa dari rumah untuk menempatkan kartu ujian. Seperti ada pepatah, sepandai-pandainya tupai melompat pasti jatuh juga, dan hal yang tidak diinginkan benar-benar terjadi. Ketika aku menghitamkan angka yang menurut orang sebagai angka keberuntungan yaitu angka 7, ternyata itu membawa sial bagiku. Karena ketika angka 7 aku hitamkan tiba-tiba setetes air dengan mulusnya mengalir dari tanganku dan merambat ke pensil dan sampailah mendarat tepat di angka 7. Glek… Langsung aku panik dan berpikir, dulu waktu Try Out di sekolah LJK-ku pernah basah tapi hasilnya tetap ke scan, jadi spontan aku gunakan tempat pensilku untuk menghapus air itu dan menunggunya sampai kering dan akhirnya aku bisa mengisi identitas dengan baik dan benar.

Sesi pertama tesnya adalah Tes Kemampuan IPA yang soalnya terdiri dari: Matematika, Fisika, Biologi, dan Kimia. Karena menurut pengalamanku ketika Try Out, soal kimia adalah soal yang paling bisa aku kerjakan, tapi itu tidak berlaku kali ini karena soalnya jauh lebih susah. Dan tidak hanya kimia, tapi semua pelajaran susah semua, dan tentu saja yang paling susah adalah Fisika. Hiks2… Aku berniat membalaskan dendam soal-soal yang tidak bisa aku kerjakan itu di Matematika Dasar pada sesi kedua yang menurutku lebih gampang dari Matematika IPA.

Sesi kedua dimulai jam 10.30 dengan materi tes Matematika Dasar, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris. Kali ini tanganku sudah tidak basah, tapi baru beberapa menit mengisi, tanganku mulai lagi mengeluarkan keringat lagi dan untungnya tidak membuat LJK-nya basah lagi. Fiuh… Seperti tekadku tadi untuk mengerjakan soal Matematika Dasar yang banyak, aku mulai membuka soal Madas, nomor 1 lancar, nomor 2 mulai agak susah, nomor 3 aku mulai garuk-garuk kepala, apalagi nomor2 selanjutnya. Huaa… Ternyata Madas-nya menurutku lebih susah dibandingkan Matematika IPA, ya sudah aku laangsung melahap soal B.Ing dan B.Ind lalu kembali lagi pada soal Madas. Entah aku lagi beruntung atau gimana, faktor tebak-tebakanku babnyak yang benar. Karena dari jawaban itu aku masukin ke soal dan ternyata cocok. Hahaha…

Setelah selesai, akupun pulang dan sekarang tinggal menunggu hasilnya. Semoga yang terbaik yang terjadi… Amin…

Gb ^^

dashite

7 comments:

  1. emang masuk ui butuh perjuangan

    ReplyDelete
  2. ketika u diterima di ui u mesti berjuang untuk mendapatkan ip karena pelajaran di ui susah dan untuk mendapat A itu susah dibandingkan di universitas lain... biasanya lebih besar dari 8.6 itu mendapat nilai a

    ReplyDelete
  3. okk dah met bjuang ya email gw di andremabaft08@ymail.com

    ReplyDelete
  4. wah... Thanks yah infonya... moga2 aja yang terbaik yg terjadi... ^^

    ReplyDelete
  5. ok dah smoga beruntung diterima di ui ya,qta sebagai mahasiswa akan menunggumu di kampus perjuangan qta..... jangan lupa pengumuman simak ui tanggal 4 April 2009. Gud Lak and see u soon ^^ dan slamat bersibuk ria di ui hehehe....

    ReplyDelete
  6. gimana diterima di ui tidak? jurusan apa?

    ReplyDelete

Commentnya...

Template by:
Free Blog Templates