Tuesday, August 4, 2009

Hah!! Mbah Surip meninggal??

Itulah pertanyaan pertama yang terlintas di otakku bgtu melihat status Facebook teman yang berbunyi "Mbah Surip bergitu cepat kau meninggalkan kami". . Dan setelah bertanya, memang Mbah Surip telah meninggal dunia kemarin. Hi5 Emoticon

Pertama kali aku taw mengenai sosok Mbah Surip ini ketika acara perpisahan kelasku kemarin di Kaliurang.



Suatu pagi ketika baru saja bangun tidur, dan aku masih tidur-tiduran di kasur. Di ruangan luar ada temanku yang sudah bangun dan menonton TV yang saat itu adalah acara musik. Beberapa saat kemudian, terdengar sebuah lagu yang lain daripada biasanya. Liriknya kebanyakan diulang-ulang dan berbunyi "Tak gendong kemana-mana", saat itu aku berpikir masa lagu kaya gini bisa terkenal seh?!?

Setelah beberapa hari, baru aku taw klo yang nyanyi lagu itu adalah Mbah Surip, sesosok kakek tua yang memiliki tawa khas "HahahHhahHhahaha. . .", dan saat itu aku sadar bahwa pemikiranku tentang lagu "Tak Gendong" sebelumnya salah. Faktanya lagu ini menduduki chart minimal 10 besar tangga lagu di beberapa acara musik di Indonesia. Bahkan kabarnya setelah diundang manggung di sana-sini, menjadi tamu di acara-acara TV, pendapatannya sekitar 4 miliar lebih. Bahkan kalau tidak salah, Mbah Surip akan membeli Helikopter pribadi. Tapi sehari-hari yah dia tetap memakai bajunya itu, tidak membeli baju-baju mahal. Dan dia juga tetap minum kopi hitam. Itulah kesederhanaan khas Mbah Surip.

Awalnya, dia merantau ke Jakarta dari Mojokerto dengan harapan dapat mencukupi kebutuhan keluarga.. Awalnya dia merintis karir dari 0 dengan hanya mengamen di jalan, jadi tukang pijat. Namun sekarang, dia telah menjadi artis fenomenal di Indonesia ini yang pasti semua kalangan mengenalnya.

Mbah Surip, dengan tawa khasnya, dengan kesederhanaannya, dia mampu menginspirasiku bahwa sebenarnya untuk mencapai sukses tidak diperlukan suatu hal yang rumit, dan besar. Tetapi hanyalah suatu hal yang kecil dan unik yang membawa dampak yang besar bagi orang lain.

Kini, Mbah Surip telah meninggal dunia. Namun semangat kesederhanaan yang dibawa oleh beliau selama hidup di dunia ini akan menginspirasi banyak orang. .



I Love you full, Mbah Surip! !

Hi5 Emoticon_ Hi5 Emoticon_Hi5 Emoticon_Hi5 Emoticon


dashite

2 comments:

  1. ki tak kei komen...

    mbah surip kae seniman bung, uripe cen "aneh" ning deen ndue ati, sing sugih ki dudu' dompet'e ning atine...

    ReplyDelete

Commentnya...

Template by:
Free Blog Templates